AR-RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation
Vol 1, No 2 (2024): Desember 2024

Analisis Pemilihan Diksi Terhadap Penulisan Skripsi Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Medan

Ovi Oktavia K Sihombing (Universitas Negeri Medan)
Nancy Oktavia Siagian (Universitas Negeri Medan)
Novia Sari Tarigan (Universitas Negeri Medan)
Priscillia Febriyanti Purba (Universitas Negeri Medan)
Pretty Grace Banjarnahor (Universitas Negeri Medan)
Lasenna Siallagan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan diksi dalam penulisan skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Negeri Medan. Pemilihan diksi merupakan aspek penting dalam penulisan ilmiah karena mempengaruhi kejelasan, keakuratan, dan kekuatan argumentasi. Penggunaan diksi yang tepat akan membantu menyampaikan ide secara efektif, sedangkan kesalahan dalam pemilihan kata dapat menyebabkan kebingungan dalam pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen terhadap skripsi mahasiswa PGSD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi, yang bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan diksi dan pola penggunaan kata yang sering muncul dalam skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kesalahan umum dalam pemilihan diksi meliputi penggunaan sinonim yang kurang tepat, penggunaan kata-kata yang ambigu, serta penggunaan kata-kata akademis yang tidak sesuai dengan konteks. Faktor yang mempengaruhi pemilihan diksi di antaranya adalah keterbatasan kosakata akademik, kurangnya pemahaman terhadap struktur bahasa ilmiah, serta pengaruh dari referensi yang digunakan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar mahasiswa lebih memperhatikan pemilihan kata dalam penulisan ilmiah dan mendapatkan bimbingan lebih lanjut mengenai penggunaan bahasa yang tepat. Peningkatan literasi akademik dan penyediaan referensi yang memadai juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kualitas penulisan skripsi mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ar-rumman

Publisher

Subject

Education

Description

AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation dengan nomor ISSN terdaftar 3047-1141 (Cetak) dan 3047-0943 Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. AR RUMMAN: Journal of Education and Learning Evaluation bertujuan untuk ...