Penelitian ini mengevaluasi pemenuhan tiga Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMK PAB 8 Sampali, yaitu standar pendidik dan tenaga pendidik, standar sarana dan prasarana, serta standar pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK PAB 8 Sampali telah melakukan upaya untuk memenuhi standar pendidik dan tenaga kependiidikan dengan mewajibkan kualifikasi akademik minimal berupa gelar sarjana dari universitas terakreditasi baik serta pengalaman mengajar. Standar srana dan prasarana juga dipenuhi melalui perawatan dan perbaikan rutin fasilitas seperti laboratoriun, perpustakaan, dan ruang kelas, meskipun terdapat tantangan dalam penggunaan fasilitas olahraga. Dalam hal pembiayaan, keterlibatan orang tua dalam membayar biaya sekolah secara tepat waktu sangat membantu, meskipun sekolah ini tidak disubsidi. Pengelolaan dana dilakukan secara efisien dengan melibatkan orang tua. Secara keselutuhan, SMK PAB 8 Sampali telah menujukkan upaya besar untuk memenuhi SNP, menciptakan lingkungan belajar yang optimal, dan mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini menekankan pentingnya pemenuhan SNP untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah kejuruan.
Copyrights © 2024