Nuwo Abdimas
Vol. 3 No. 2 (2024): Nuwo Abdimas

Bimtek Pengembangan Authentic Assessment berbasis Problem Based Learning (PBL): Implementasi Kurikulum Merdeka

Viyanti, Viyanti (Unknown)
Nurhanurawati, Nurhanurawati (Unknown)
Widyastuti, Widyastuti (Unknown)
Permadi, Dimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Evaluasi terhadap proses penilaian yang telah dilakukan guru dilapangan menunjukkan bahwa: (1) 76,57 % guru telah menerapkan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajarannya, namun belum menerapkan penilaian secara objektif untuk mengukur kemampuan berpikir yang sesuai dengan karakteristik PBL karena belum adanya instrumen penilaian yang mudah, praktis, dan tepat pada saat proses pembelajaran dan (2) 64% guru belum menerapkan penilaian authentic secara utuh dan konsisten. Bimtek "Penyusunan Authentic Assessment Berbasis Problem Based Learning (PBL): Implementasi Kurikulum Merdeka" bertujuan untuk membekali guru dengan keterampilan dalam merancang penilaian otentik yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran PBL. Metode kegiatan berbentuk bimtek partisifatif dengan pemberian materi, pelatihan dan praktik merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan karakteristik authentic assessment berbasis problem based learning (PBL) selama 10 jam pada hari pertama. Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis pada hari kedua dan ketiga peserta dalam menyusun butir item authentic assessment berbasis problem based learning (PBL) disekolah masing-masing. Kegiatan PKM ini dilaksanakan secara offline di ruang K2 gedung K FKIP Unila, serta secara kolaboratif pada sekolah-sekolah peserta bimtek. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan bimtek ini adalah i) meningkatnya pemahaman guru-guru yang ditandai dengan dengan perolehan rata-rata pretest sebesar 57,62 meningkat menjadi 72,12 (perolehan rata-rata posttest); ii) perolehan rata-rata n-gain peserta bimtek sebesar 0,24 dengan perolehan mayoritas kategori peningkatan pemahaman peserta adalah pada kategori sedang dengan persentase 63%; dan iii) keterampilan guru dalam menerapkan authentic assessment berbasis PBL sebagai bagian integral dari Kurikulum Merdeka mengalami perbaikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nuwo

Publisher

Subject

Other

Description

NUWO-Abdimas merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung (FKIP Unila). Adanya jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi terkait hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat dari seluruh civitas ...