Penelitian ini adalah analisis rekayasa menu dalam upaya meningkatkan penjualan makanan di Deus Cafe Canggu. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan analisis rekayasa menu, bagaimana analisis menu berdasarkan rekayasa menu, dan bagaimana strategi dalam meningkatkan penjualan makanan di Deus Cafe Canggu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang bersumber dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh dari perusahaan berupa daftar menu, harga jual, biaya makanan, dan riwayat penjualan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekayasa menu dan objek yang diteliti adalah jenis hidangan salad, main course, makanan ringan, dan kids menu. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 8 item (26,67%) jenis hidangan untuk kelompok star, 10 item (33,33%) jenis hidangan untuk kelompok plowhorse, 6 item (20,00%) jenis hidangan untuk kelompok puzzle, dan 6 item (20,00%) jenis hidangan untuk kelompok dog. Keputusan dan tindak lanjut yang dilakukan manajemen dalam meningkatkan penjualan makanan adalah mempertahankan kualitas dan harga jual makanan untuk kelompok star, mengendalikan biaya makanan dan meningkatkan harga jual makanan untuk kelompok plowhorse, merevisi menu dan melakukan promosi untuk kelompok puzzle, melakukan evaluasi menu dan menghapus menu untuk kelompok dog.
Copyrights © 2024