Indonesian Community Journal
Vol 4 No 4 (2024): I-Com: Indonesian Community Journal (Desember 2024)

Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Sertifikasi Produk Pada UMKM Tahu “Sidodadi” Kediri dalam Meningkatkan Daya Saing Produk

Bachrul Amiq (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia)
Ony Kurniawati (Universitas WR. Supratman Surabaya, Indonesia)
Bambang Sutejo (Universitas WR. Supratman Surabaya, Indonesia)
Dyah Pelitawati (Universitas WR. Supratman Surabaya, Indonesia)
Davis Febrinanto Prakasa (Universitas WR. Supratman Surabaya, Indonesia)
Pinky Pininta Dewi (Universitas WR. Supratman Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Pelatihan manajemen pemasaran dan sertifikasi produk pada UMKM Tahu “Sidodadi” Kediri dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk di pasar yang semakin kompetitif. Pelatihan  ini penting, karena sertifikasi produk dan manajemen pemasaran yang efektif dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan penjualan. Metode pelaksanaan mencakup persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan melalui kuesioner. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 33,8% peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman sangat baik, 49,2% peserta menilai baik, dan 17% peserta menilai cukup baik. Kegiatan pelatihan tersebut berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh UMKM, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan daya saing produk tahu “Sidodadi” di pasar lokal maupun nasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

i-com

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

I-Com: Indonesian Community Journal, merupakan jurnal yang menerbitkan artikel hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan ...