Mauriduna : Journal of Islamic studies
Vol 5 No 2 (2024): Mauriduna: Journal of Islamic Studies, November 2024

Peran Pendidikan Multikultural dalam Membangun Toleransi di Asia Tenggara

Sipangidoan Siregar, Renal (Unknown)
Sulistri (Unknown)
Nurlaili (Unknown)
Karni, Asniti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pendidikan multikultural memiliki peran yang signifikan dalam mempromosikan toleransi di kawasan Asia Tenggara yang dikenal memiliki keberagaman budaya, etnis, dan agama. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis literatur untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan multikultural dapat menjadi sarana efektif dalam menciptakan masyarakat yang inklusif dan damai. Artikel ini mengulas konsep pendidikan multikultural, tantangan penerapannya, serta dampaknya terhadap peningkatan toleransi antar kelompok masyarakat di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan sebagainya. Multicultural education has a significant role in promoting tolerance in the Southeast Asian region, which is known for its cultural, ethnic, and religious diversity. This study uses a qualitative approach with a literature analysis method to explore how multicultural education can effectively create an inclusive and peaceful society. This article reviews the concept of multicultural education, the challenges of its implementation, and its impact on increasing tolerance between community groups in Southeast Asian countries such as Indonesia, Malaysia, Thailand, the Philippines and so on.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mauriduna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Mauriduna merupakan Jurnal Kajian Islam yang terbit dua kali dalam setahun, publikasi ilmiah ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Bahasa Arab Ar-Raayah (STIBA) Sukabumi. Jurnal ini berfokus pada kajian Islam, berupa Hasil Penelitian, Ide, ...