ABSTRAKKasus bullying menjadi kasus yang tidak pernah surut di lembaga pendidikan Indonesia dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi, penyebab terjadinya perilaku bullying, dan bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa di SD Negeri 6 Macorawalie. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di sekilah tersebut adalah bullying verbal, yaitu, bullying fisik, bullying verbal, bullying non-verbal langsung dan non-verbal tidak langsung. Adapun jenis bullying seperti pelecehan seksual dan cyber bullying tidak ditemukan di lokasi penelitian, dikarenakan kebanyakan siswa di sekolah tersebut belum bisa memakai atau belum memiliki handphone. Perilaku bullying terjadi karena faktor lingkungan pertemanan, kurangnya pemahaman siswa tentang bullying dan pelaku tindakan bullying memiliki kekuasaan atau kekuatan yang lebih besar dari korbannya. Strategi yang digunakan guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying fisik adalah dengan memanggil siswa yang terlibat tindakan bullying, guru PAI menanyakan awal mula kejadian tersebut kemudian memberikan nasehat dan ceramah serta memberikan penjelasan mengenai bahaya bullying, dampak serta akibat yang akan ditimbulkan jika berperilaku bullying. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI dalam mengatasi kasus bullying verbal, bullying non-verbal langsung dan tidak langsung adalah dengan memberi teguran, menyelidiki alasan mereka berperilaku bullying, memberikan nasehat, ceramah dan arahan. Kata Kunci: Bullying, Guru PAI, Strategi
Copyrights © 2024