Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL

HUBUNGAN ANTARA INTELIGENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR WACANA TULIS BAHASA INDONESIA SMK NEGERI 1 BOGOR

Triyanto (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Musaljon (STKIP Muhammadiyah Bogor)
Nina (STKIP Muhammadiyah Bogor)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara inteligensi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia dan hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih dengan teknik gabungan antara acak dan proporsional yaitu dari tujuh kelas XII yang ada di SMK Negeri 1 Bogor. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yaitu dengan skala likert dan menggunakan teks wacana tulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Analisis data dengan metode statistik deskriptif yakni dengan teknik penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, grafik poligon dan histogram untuk masing-masing variabel penelitian. Selain itu, masing-masing kelompok data diolah dan dianalisis ukuran pemusatan dan letak seperti mean, modus, dan median serta ukuran simpangan seperti jangkauan, variansi, simpangan baku, kemencengan dan kurtosis. Uji statistik yang dilakukan adalah pengujian normalitas data dan pengujian linieritas, yang secara keseluruhan dibantu oleh program komputer Microsoft Excel. Penelitian ini dilaksanakan pada . Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret sampai dengan 29 Mei 2016 (mulai dari pengajuan proposal sampai dengan pengolahan data) Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, hubungan antara Inteligensi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,704 dan koefisien determinasi sebesar 49,56%, serta persamaan garis regresi ????? = -36.49 + 0,9528 X1. Kedua, hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,71 dan koefisien determinasi sebesar 50,50%, seta persamaan garis regresi ????? = -5.51 + 0,54 X2. Ketiga, hubungan antara inteligensi dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,82 dan koefisien determinasi sebesar 67,50%, seta persamaan garis regresi ????? = -64,2 + 0,61 X1 + 0,5 X2..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lingua

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Lingua (P-ISSN 2302-402X) menerbitkan artikel hasil penelitian dan artikel konseptual tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Lingkup topik meliputi: 1) Bahasa Indonesia untuk orang asing, bahasa Indonesia, pengajaran ...