Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 6 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Sosialisasi Pemanfaatan Ikan Bandeng Menjadi Olahan Bandeng Presto Di Kota Kendari

Ridha Lajaria (Universitas Sulawesi Tenggara)
Muhammad Ridwan (Universitas Sulawesi Tenggara)
Handris Handris (Universitas Sulawesi Tenggara)
Ridha Taurisma Lajaria (Universitas Sulawesi Tenggara)
Lucia Evianti Patulak (Universitas Sulawesi Tenggara)
Wa Ode Nursaadha Rajuddin (Universitas Sulawesi Tenggara)
Mariani Mariani (Universitas Sulawesi Tenggara)
Imran Imran (Universitas Sulawesi Tenggara)
Nur Aisyah (Universitas Sulawesi Tenggara)
Ifin Naim (Universitas Sulawesi Tenggara)
Muhamad Farih (Universitas Sulawesi Tenggara)
Wa Ode Dien indalestari (Universitas Sulawesi Tenggara)
Gilang Gilang (Universitas Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi produsen ikan bandeng atau biasa disebut Bandeng Presto untuk mencapai tujuan, sehingga untuk menjalankan suatu usaha diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasaran. Yaitu Produk (produck), Harga (Price), Promosi (Promotion) dan Tempat/distribusi (Place) dalam menghadapi persaingan. Kegiatan Pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai Strategi Pemasaran. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di CV. Ayyas Mandiri dan Rumah Makan BGURIS Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara selama 2 bulan. Metode yang dipakai dalam pencapaian adalah Sosialisasi dan Worksop (pelatihan) kepada para pelaku UMKM yaitu Pemilik rumah makan dan karyawannya yang berjumlah 10 orang untuk sharing pengetahuan mengenai cara pengembangan melalui strategi pemasaran. Kegiatan ini melibatkan 7 orang mahasiswa, 10 orang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rumah Makan BGURIS sebagai mitra. Metode yang digunakan untuk pencapaian tujuan ialah Sosialisasi dengan teknik pembelajaran partisipatif dan pendampingan serta praktek langsung di lapangan. Metode ini menempatkan peserta sebagai objek sekaligus subjek dalam proses pelatihan tersebut. Hasil evaluasi dari kegiatan ini adalah peserta memberikan respon yang positif, berdasarkan komentar-komentar peserta yang menyatakan bahwa materi yang diberikan sangat memberikan manfaat, khususnya kegiatan pemasaran yaitu memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi atau yang dikenal sebagai Strategi Pemasaran. Dengan demikian, dapat membangun semangat untuk memajukan usaha dan keluarga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...