Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 1 (2024): Volume 10 No. 01 Maret 2024

PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Wafiq Andriani Putri (Universitas Riau)
Mahmud Alpusari (PGSD FKIP Universitas Riau)
Muhammad Fendrik (PGSD FKIP Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis etnomatematika pada materi geometri untuk siswa sekolah dasar. Modul ajar berbasis etnomatematika ini dikembangkan menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan memperoleh indeks validitas Aiken’s V sebesar 0,95 (sangat valid). Uji coba siswa satu-satu diperoleh persentase rata-rata skor 90% dengan kategori sangat praktis, Uji coba terbatas diperoleh persentase rata-rata skor 95% dengan kategori sangat praktis dan respon guru didapati hasil kepraktisan sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validasi, uji coba siswa, serta uji respon guru, maka modul ajar berbasis etnomatematika pada materi geometri untuk siswa sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai referensi belajar guru dan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...