Diversity Guidance and Counseling Journal
Vol. 2 No. 2 (2024): Diversity 2024

Pengembangan Media Permainan Tradisional Congklak dalam Memberikan Pemahaman Kepada Siswa Mengenai Perilaku Disiplin

Parlani, Fitri (Unknown)
Afiati, Evi (Unknown)
Wibowo , Bangun Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman mengenai perilaku disiplin siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media permainan untuk memberikan pemahaman mengenai perilaku disiplin kepada siswa di SMPN 1 Jawilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian edia menggunakan metode ADDIE. Hasil gambaran pemahaman perilaku displin siswa kelas VIII di SMPN 1 Jawilan dibagi menjasi tiga kategori dengan perolehan nilai Kategori rendah sebesar 36,8%, kategori sedang sebesar 51,6%, kategori tinggi 11,6%. Hasil pengujian kelayakan media yang dikembangkan oleh peneliti melalui ahli media, ahli materi, praktisi, juga respon siswa. Perolehan hasil rata-rata pengembangan media sebesar 93% berada pada kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan tradisional congklak untuk memberikan pemahaman mengenai perilaku disiplin kepada siswa sangat layak untuk dikembangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dgcj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Merupakan jurnal peer-review dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Diversity dikelola oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng ...