Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 01 Nomor 01 (Oktober 2022)

Pengendalian Larva Nyamuk Demam Berdarah melalui Penggunaan Larvasida dari Daun Jeruk Nipis di Desa Pondok Meja

Muhaimin, Muhaimin (Unknown)
Asti, Martina (Unknown)
Utami, Andita (Unknown)
Pratiwi, Nurul (Unknown)
Alim, khairul (Unknown)
Putri, Mutia Fadhila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Larvasida yang umum digunakan oleh masyarakat saat ini adalah bubuk Abate. Penggunaan bubuk Abate sendiri masih memiliki berbagai macam kekurangan, salah satunya adalah pendistribusian bubuk Abate yang tidak merata dan ketersediaan yang rendah. Selain itu, penggunaan Abate secara terus menerus dapat meningkatkan resistensi larva terhadap insektisida. Melalui kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM), tim PPM Universitas Jambi (UNJA) memberikan pelatihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Pondok Meja untuk membuat dan menggunakan larvasida yang terbuat dari daun jeruk nipis. Tujuan dari kegiatan ini yaitu menjadikan masyarakat lebih aktif dalam upaya pencegahan penyakit demam berdarah melalui pemberdayaan masyarakat dengan pemanfaatan tumbuhan yang ada disekitar tempat tinggal mereka. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan daun jeruk nipis menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. Masyarakat diberikan pengetahuan tentang pentingnya membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka dan mengontrol mata rantai penularan penyakit demam berdarah melalui pengendalian vektor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...