Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN KARIER DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA SMA

Siti Nurhalidza Rahayu (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program bimbingan karier dan motivasi belajar terhadap tingkat stres akademik siswa SMA. Program bimbingan karier dipandang sebagai salah satu upaya dalam membantu siswa memahami dan merencanakan karier sesuai minat serta keterampilan mereka, yang diharapkan mampu mengurangi beban akademik. Di sisi lain, motivasi belajar dinilai penting dalam menjaga semangat dan konsistensi siswa dalam menghadapi berbagai tekanan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, dan pengambilan data dilakukan melalui kuesioner pada siswa SMA Negeri 51 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara bimbingan karier dan motivasi belajar terhadap stres akademik siswa, dengan pengaruh kombinasi keduanya lebih besar dibandingkan secara individual. Berdasarkan hasil ini, diharapkan bimbingan karier yang intensif dan peningkatan motivasi belajar dapat menjadi solusi strategis dalam mengurangi stres akademik siswa. Kata Kunci: Kata Kunci: Bimbingan karier, motivasi belajar, stres akademik, siswa SMA

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...