Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Fardani, Tika Sindi (Unknown)
Kurniawati, Rissa Prima (Unknown)
Hadi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Margomulyo 2 Ngawi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya siswa kelas 4 SDN Margomulyo 2 Ngawi sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah teknik non tes yang meliputi observasi, kuesioner dan dokumentasi. Ketrampilan berpikir kritis pada studi awal pendahuluan menunjukan sebanyak 13 siswa terdapat 14% menduduki kategori sangat tinggi, 14% menduduki kategori tinggi, 24% menduduki kategori sedang, dan 48% menduduki kategori rendah. Hasil siklus I menunjukan 38% menduduki kategori sangat tinggi, 29% menduduki kategori tinggi, 19% menduduki kategori sedang, dan 14% menduduki kategori rendah. Pada hasil peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan perolehan rerata skor pada siklus I sebesar 65,85 %. Hasil dari siklus II menunjukan 52,5% menduduki kategori sangat tinggi, 33,5% menduduki kategori tinggi, 14% menduduki kategori sedang. Pada hasil peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan perolehan rerata skor pada siklus II sebesar 73,85. Berarti terjadi peningkatan sebesar 10,31%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN Margomulyo 2 Ngawi. This research aims to improve the critical thinking skills of class IV students at SDN Margomulyo 2 Ngawi by applying the Problem Based Learning learning model to mathematics subjects. This type of research includes Classroom Action Research (PTK), which consists of two cycles. The research subjects were 13 grade 4 students at SDN Margomulyo 2 Ngawi. The data collection technique used by this researcher is a non-test technique which includes observation, questionnaires and documentation. Critical thinking skills in the initial preliminary study showed that of 13 students, 14% were in the very high category, 14% were in the high category, 24% were in the medium category, and 48% were in the low category. The results of cycle I showed that 38% were in the very high category, 29% were in the high category, 19% were in the medium category, and 14% were in the low category. The results of improving students' critical thinking skills are shown by the average score obtained in cycle I of 65.85%. The results from cycle II showed that 52.5% were in the very high category, 33.5% were in the high category, 14% were in the medium category. The results of improving students' critical thinking skills are shown by the average score obtained in cycle II of 73.85. This means there was an increase of 10.31%. The results of the research show that the application of the Problem Based Learning learning model in Mathematics subjects can improve the critical thinking skills of grade 4 students at SDN Margomulyo 2 Ngawi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...