Cendikia Pendidikan
Vol. 7 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KONKRIT PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA IPAS KELAS V SDN MARGOMULYO 2 NGAWI

Anugrahini, Fitria (Unknown)
Kurniawati, Rissa Prima (Unknown)
Hadi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Margomulyo 2 Ngawi pada materi cahaya dan sifatnya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, melibatkan 14 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam persentase ketuntasan belajar dari 21,43% pada prasiklus, menjadi 57,14% pada siklus I, dan mencapai 85,71% pada siklus II. Penerapan model PBL dengan media konkret tidak hanya meningkatkan pemahaman konseptual siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Perubahan positif juga terlihat dalam aktivitas belajar siswa, dengan peningkatan keterlibatan dan kepercayaan diri dalam melakukan eksperimen dan diskusi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL dengan media konkret efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. This classroom action research aimed to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SDN Margomulyo 2 Ngawi on the topic of light and its properties through the implementation of Problem Based Learning (PBL) model with concrete media. The research was conducted in two cycles, involving 14 students. Data were collected through observation, learning outcome tests, and interviews. The results showed a significant increase in the percentage of learning mastery from 21.43% in the pre-cycle, to 57.14% in cycle I, and reaching 85.71% in cycle II. The application of the PBL model with concrete media not only enhanced students' conceptual understanding but also developed critical thinking and problem-solving skills. Positive changes were also observed in students' learning activities, with increased engagement and confidence in conducting experiments and discussions. This research concludes that the PBL model with concrete media is effective in improving learning outcomes and student activities in science learning at the elementary school level.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...