Cendikia Pendidikan
Vol. 8 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI SDA KELAS V

Pramawati, Annisa Maghfira (Unknown)
Ussabrina, Chairunnisa (Unknown)
Putri, Dinda Ayu (Unknown)
Marini, Arita (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar adalah salah satu disiplin ilmu yang penting dikuasai oleh peserta didik, karena IPS mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan fenomena sosial. Salah satu materi dalam IPS adalah kegiatan ekonomi pemanfaatan sumber daya alam setempat yang terdapat pada jenjang kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa efektif penggunaan model role playing dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik saat pembelajaran. Metode pada penelitian ini adalah metode kepustakaan, dengan cara peneliti mencari berbagai referensi beserta teori mengenai topik penelitian. Hasil penelitian ini pembelajaran dengan model role playing memberikan banyak pengaruh baik terhadap peserta didik, diantaranya adalah dapat mengaktifkan peserta didik untuk turut berpartisipasi secara langsung dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik untuk diikuti namun tetap kontekstual. Penggunaan model role playing ini dapat menjadi jalan tengah dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan harapan peserta didik mendapati pengalaman nyata yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada kegiatan ekonomi. Social Studies (IPS) in elementary schools is one of the essential disciplines that students need to master, as it explores various aspects of social phenomena. One of the topics covered in Social Studies is economic activities involving the utilization of local natural resources, which is taught in the fifth grade. The purpose of this study is to examine the effectiveness of the role-playing model in enhancing students' active participation during learning sessions. This study employs a library research method, where the researchers collected various references and theories related to the research topic. The findings indicate that learning through the role-playing model has a positive impact on students. It actively engages students to participate directly in the learning process, making the lessons more interesting while remaining contextual. The use of the role-playing model serves as a middle ground for creating a fun learning environment, with the expectation that students will gain real-life experiences applicable to their daily lives, especially in economic activities.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...