Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan Sebagian siswa di SDN Kampung bambu 1 yang menghadapi kesulitan dalam membaca dan menulis. Penanganan kesulitan belajar ini sangat penting, karena jika anak mengalami kesulitan membaca dan menulis pada usia sekolah dasar, maka mereka akan mengalami kesulitan pada jenjang berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki teknik-teknik yang digunakan oleh para pendidik untuk membantu siswa kelas 1 dalam mengatasi tantangan yang berkaitan dengan membaca. Dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam mengeja, menyusun kata, dan mengenali huruf. Para guru menggunakan strategi-strategi seperti dukungan yang dipersonalisasi, berbagai metode pembelajaran termasuk fonik dan permainan edukatif, dan teknik-teknik motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Lebih jauh, penelitian ini menyoroti faktor-faktor internal dan eksternal yang berkontribusi terhadap kesulitan membaca. Dengan menerapkan strategi-strategi yang tepat, ada harapan untuk peningkatan keterampilan membaca siswa, sehingga mendorong pengalaman belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan.Kata kunci : Kesulitan membaca, strategi guru
Copyrights © 2025