Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA ANAK KELAS 1 DI SDN KAMPUNG BAMBU 1

Yeni Nuraeni (Unknown)
Saka Nayla Hasan (Unknown)
Amanda Khofifah (Unknown)
Muhammad Fikri Fahruddin (Unknown)
Akhmad Syaifulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan Sebagian siswa di SDN Kampung bambu 1 yang menghadapi kesulitan dalam membaca dan menulis. Penanganan kesulitan belajar ini sangat penting, karena jika anak mengalami kesulitan membaca dan menulis pada usia sekolah dasar, maka mereka akan mengalami kesulitan pada jenjang berikutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki teknik-teknik yang digunakan oleh para pendidik untuk membantu siswa kelas 1 dalam mengatasi tantangan yang berkaitan dengan membaca. Dengan menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam mengeja, menyusun kata, dan mengenali huruf. Para guru menggunakan strategi-strategi seperti dukungan yang dipersonalisasi, berbagai metode pembelajaran termasuk fonik dan permainan edukatif, dan teknik-teknik motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Lebih jauh, penelitian ini menyoroti faktor-faktor internal dan eksternal yang berkontribusi terhadap kesulitan membaca. Dengan menerapkan strategi-strategi yang tepat, ada harapan untuk peningkatan keterampilan membaca siswa, sehingga mendorong pengalaman belajar mengajar yang lebih efektif dan menyenangkan.Kata kunci : Kesulitan membaca, strategi guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...