Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepaktisan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui modul pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi sel kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa. Jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan hingga tahap development yaitu uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukan keval_idan modul pembelajaran Augmented Reality pada meteri sel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik rata-rata persentase 94% ahli materi dan 75% ahli media dengan kriteria valid. Kepraktisan modul pembelajaran berdasarkan respon guru rata-rata memperoleh nilai 97%, resepon peserta didik 91% dan keterlaksanaan pembelajaran untuk keseluruhan pertemuan berada pada kategori terlaksana keseluruhan yang berarti praktis. Hasil prestest kemampuan berpikir krtis peserta didik memperoleh nilai 50,76 dan postets memperoleh nilai 75% menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, modul ini dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024