MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Penerapan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di MI Sunan Gunung Jati Malang

Dinda Ayu Permatasari (Unknown)
Anindya Dwi Risdhayanti (Unknown)
Gillang Al Azhar (Unknown)
Almas Adibah (Unknown)
Mohammad Luqman (Unknown)
Wahyu Aulia Nurwicaksana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Integerasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam metode pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD). Melalui kegiatan ini, akan dilakukan pengembangan bahan ajar interaktif berbasis AR yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep. Proses ini melibatkan pelatihan guru MI Sunan Gunung Jati dalam penggunaan teknologi AR untuk menyampaikan materi pembelajaran secara lebih visual dan menarik. Langkah-langkah kegiatan meliputi identifikasi kebutuhan guru dan siswa, dan dilakukan pelatihan untuk pengembangan konten AR yang sesuai dengan kurikulum MI. Data kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta merasa puas dengan materi pelatihan dan melihat potensi besar dari AR dalam meningkatkan pembelajaran. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru membuat konten AR, dengan 91,67% peserta setuju bahwa pelatihan meningkatkan kemandirian dan keterampilan mereka. Peserta merasa puas dengan materi pelatihan dan mengakui potensi AR dalam meningkatkan pembelajaran. Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah mengimplementasikan penggunaan AR pada mata pelajaran lain dan mengadakan sesi lanjutan untuk memperdalam teknik pembuatan AR, guna mendorong penerapan AR di sekolah.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...