Jurnal Marine Inside
Vol. 6 No. 2 (2024)

PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM PELAYANAN BUKU PELAUT DI KANTOR KESYAHBANDARAN UTAMA TANJUNG PRIOK.

Magdalena, Susiarni (Unknown)
Tumanggor, Arief Hidayat (Unknown)
Premadi, Ageng (Unknown)
Asnawi (Unknown)
Prihandono, Boedi (Unknown)
Zulistian, Fauhidzi (Unknown)
Anindya, Vania Prada (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah faktor kunci dalam memastikan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelayanan buku pelaut online di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok selama 10 bulan menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan nilai IKM tertinggi pada prosedur pelayanan dan kepastian biaya, masing-masing sebesar 3,66 (sangat baik). Sebaliknya, nilai IKM terendah terdapat pada tanggung jawab petugas dalam pembatasan kuota berkas, yaitu 2,94 (baik). Rata-rata nilai IKM adalah 3,44 dengan konversi 86,03 (sangat baik). Temuan ini menunjukkan prosedur pelayanan sudah jelas dan memadai, namun peningkatan masih diperlukan pada aspek tanggung jawab petugas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ejmi

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal Marine Inside adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dan dikelola oleh Politeknik Pelayaran Banten. Jurnal ini merupakan media sarana publikasi berbagai macam penelitian dan pengembangannya di bidang Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi ...