Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan
Vol 13, No 2 (2024): Volume 13 Nomor 2 Tahun 2024

Evaluasi Manajemen Program Pendidikan Aisyiyah dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Rismita, Rismita (Unknown)
Chairunnisa, Connie (Unknown)
Istaryatiningtias, Istaryatiningtias (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)
Fajrina, Elma (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Pengembangan pendidikan Aisyiyah melalui Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai peran krusial dalam membentuk karakter, moral, dan kecerdasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen pendidikan Aisyiyah yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak usia dini dan peranan organisasi Aisyiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, bendahara sekolah, guru, komite, siswa, ketua Cabang Aisyiyah Serpong Utara, Tangerang Selatan. Teknik  pegumpulan data dengan snow ball, observasi mendalam, interview dan triangulasi. Keabsahan data dengan 7 Langkah: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, member check, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen program pendidikan Aisyiyah di TK Islam Ananda telah berjalan dengan baik, mencakup aspek konteks, input, proses, dan produk, meskipun kerja sama pada aspek konteks perlu ditingkatkan, sementara implementasi pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam telah memenuhi kriteria pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui koordinasi struktural dan berkala dengan kelembagaan Aisyiyah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bahana

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (JBMP) is a scientific journal in the field of Management and Education. This journal is published twice editions published a year. JBMP published by Educational Adminstration, Faculty of Educational Science at Padang State University collaboration with Ikatan ...