TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS LEARNING OBSTACLE MATERI STATISTIKA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs

DEWI, NOVIAN RISKIANA (Unknown)
YUSMANIAR, RAHMA (Unknown)
PUTRA, RIZKI WAHYU YUNIAN (Unknown)
ALHAQ, ARINI (Unknown)
SURI, FRAULEIN INTAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

The aim of thiis research to determine students’ epistemological barriers to statistics materialin high school/MA mathematics learning courses. This research uses three indicators, namely conceptual, prosedur operational technical barriers. This research is a qualitative research. Data collection was carried out using test questions and interviews. There werw respondents in this study who werw second semester students of the UIN RIL mathematics education study program. In this research, data wasanalyzesby identifying answers from 39 respondents to indicators of epistemological barriers that had been worked on by students, then interviews werw conducted with 6 respondents. Results of this research show that students experience many errors in procedural and operational tecniques. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan epistemological mahasiswa pada materi statistika di mata kuliah pembelajaran matematika SMA/MA. Penelitian ini menggunakan tiga indikator, yaitu hambatan konseptual, prosedural dan teknik operasional. Penelitian ini merupakan peneilitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes soal dan wawancara. Terdapat 39 responden dalam penelitian ini yang merupakan mahasiswa semester 2 prodi pendidikan matematika UIN RIL. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan cara identifikasi jawaban dari responden terhadap indikator hambatan epistemologi yang telah dikerjakan oleh mahasiswa, kemudian dilakukan wawancara kepada 6 responden.Hasil penelitian ini mahasiswa banyak mengalami kesalahan diprosedural dan teknik operasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teaching

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu ...