Hanoman Journal: Physical Education and Sport
Vol. 5 No. 2 (2024)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL DI SMK KP BELEENDAH

Maulana, Fauzi (Unknown)
Carsiwan, Carsiwan (Unknown)
Rohmah, Oom (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran langsung dan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan bermain futsal di SMA KP Baleendah, Kabupaten Bandung. Menggunakan metode eksperimen dengan desain Pre-test and Post-test Group Design, penelitian ini melibatkan 20 siswa. Untuk mengukur keterampilan futsal, digunakan instrumen GPAI (Games Performance Assessment Instrument). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran langsung memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan futsal dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) Model pembelajaran inkuiri juga berpengaruh signifikan terhadap keterampilan futsal siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Uji perbandingan menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan futsal, dengan rata-rata Gain Score 11,4, dibandingkan model pembelajaran langsung yang hanya mencapai 6,4.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Hanoman

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Hanoman is the Journal of the by the Physical Education and Sport Bengkulu Young Lecturer Association. The Journal has a particular focus on physical education and sport research-based articles. Editorial will privilege those articles that explore and provide a depth of understanding of the ...