EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana Berbasis Teknologi terhadap Efektivitas Operasional di SMA

Sofiana, Arina Nur (Unknown)
Anam, Rijal Khoirul (Unknown)
Ridlo, Wildani (Unknown)
Ahmad, Zainal Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Salah satu bentuk dari keberhasilan suatu lembaga terletak pada optimalisasi manajemen sarana dan prasarana berbasis teknologi yang mendukung proses operasional sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana yang berbasis teknologi di sekolah boarding school, khususnya di SMAIT Baitussalam Prambanan, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen sarana dan prasarana berbasis teknologi di SMAIT Baitussalam Prambanan, Yogyakarta melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi dengan menerapkan smart system dan smart card yang terintegrasi antara sistem manual dan digital. Optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana berbasis teknologi dilakukan secara efektif melalui partisipasi kepala sekolah, guru, santri, dan staff. Dampak inovasi teknologi dalam mendukung efektivitas pengelolaan manajemen sarana dan prasarana adalah meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparasi. Implikasi dari penelitian ini adalah SDM di sekolah berbasis boarding school hendakanya mengatur manajemen yang baik untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana berbasis teknologi sehingga sistem operasional di sekolah berjalan dengan optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...