EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Analisis Strength, Weakness, Opportunities, and Threats dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah

Chairiyah, Siti Sri (Unknown)
Nurlaili, Nurlaili (Unknown)
Hanifah, Evy (Unknown)
Sitorus, Ellen Rotua Basaria (Unknown)
Nurdiansari, Nurdiansari (Unknown)
Khayati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Pendidikan yang bermutu adalah kunci untuk menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisi perencanaan strategis dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Al Ridho Kabupaten Berau dengan menggunakan analisis data SWOT yaitu Strenghts, Weaknesses, Opportunities, and Threats. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metoda kualitatif digunakan saat mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan metode kuantitatif digunakan saat menganalisis EFAS dan IFAS. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru yang ada di MTs Al Ridho. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan EFAS dan EFAS MTs Al Ridho berada pada kuadran S-O (Strenght dan Opportunities) atau kuadran agresif. Nilai yang diperoleh dari IFAS adalah (0,7) yang terletak pada sumbu axis kuadran SWOT. Nilai dari EFAS adalah (0,29) yang terletak pada sumbu ordinat kuadran SWOT. Posisi perencanaan peningkatan mutu pendidikan terletak pada kuadran I (S-O), pada koordinat (0,7; 0,29) yang menunjukkan strategi agresif, yakni MTs Al Ridho harus menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Sehingga strategi yang dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan lahan yang dimiliki, mengajukan pendanaan tambahan untuk peningkatan infrastruktur, menonjolkan kualitas tenaga pendidik dan fasilitas yang lengkap, serta mengembangkan program unggulan yang inovatif dan menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...