EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Implikasi Prinsip-Prinsip Perkembangan Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika

Qomariyah, Lailatul (Unknown)
Alfarisi, Achmad Hasan (Unknown)
Musyarrofah, Musyarrofah (Unknown)
Kurniawan, Indra (Unknown)
Sumo, Maimon (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Pendidikan merupakan proses interaktif dan dinamis di mana guru dan siswa saling berinteraksi dengan lingkungan dan masyarakat untuk menciptakan generasi yang unggul dengan karakter kuat dan potensi maksimal, pendidikan fisika memegang peran penting dalam kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), memastikan pemahaman yang baik bagi siswa. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk menganalisis dampak prinsip-prinsip perkembangan siswa dalam pembelajaran fisika serta menawarkan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk mengeksplorasi, mengevaluasi, dan menganalisis teori-teori inovatif yang relevan dalam konteks pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang menarik dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa dan memperdalam pemahaman mereka terhadap fisika, dengan menekankan identifikasi konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dapat membuat peserta didik lebih berani untuk mengemukakan pendapatnya dengan percaya diri dan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode pembelajaran yang efektif juga dapat membantu pendidik memahami karakteristik individu siswa, mendorong mereka untuk belajar dengan semangat, giat, dan konsisten dalam memahami fisika. Dengan penelitian ini guru dapat mengetahui cara agar dapat membuat peserta didik lebih aktif dan giat dalam proses pembelajaran fisika dan membantu peserta didik untuk memahami konsep fisika serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...