Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 4, No 2 (2022): Oktober 2022

Pengaruh Metode Mimicry Memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon

Aldila, Dea (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Jaelani, Aceng (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Syamsi, Atikah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman dan penguasaan mufrodat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mimicry memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VB dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh kelas VB yang menjadi sampelnya dengan jumlah 30 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh setelah dilakukannya 2 kali treatment adalah : 1) Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan metode mimicry memorization berbantuan media gambar yang dilakukan guru dan siswa termasuk kriteria baik, guru dan siswa mampu menerapkan langkah-langkah dengan baik. 2) Hasil tes menunjukan adanya peningkatan hasil belajar mufrodat siswa setelah diberikannya perlakuan berupa metode mimicry memorization berbantuan media gambar. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test memperoleh nilai Sig. (0,000) < (0,05) dan hasil uji regresi yaitu 0,000 < 0,05, menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, adanya pengaruh penggunaan metode mimicry memorization berbantuan media gambar terhadap hasil belajar mufrodat siswa kelas V MI Salafiyah Kota Cirebon. Adapun berdasarkan uji koefisien determinasi besarnya pengaruh adalah sebesar 65,5%.Kata Kunci : Metode mimicry memorization, media gambar dan mufrodat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...