Numerasi merupakan kemampuan dasar penting dalam matematika, namun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep numerasi secara mendalam, terutama diwilayah Kabupaten Cianjur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi penguatan numerasi siswa melalui model permainan rangking 1 di kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Suryakancana dan diimplementasikan pada siswa SMA/ SMK di Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini terdiri dari beberapa fase yaitu pemanasan, kompetisi, diskusi, dan feedback, dengan metode  penguatan numerasi yang diterapkan melalui soal-soal numerasi dan permainan interaktif. Siswa diajak untuk menyelesaikan berbagai tantangan numerasi dalam bentuk permainan Rangking 1, yang didesain untuk melatih kemampuan berhitung, logika dan pemahaman konsep matematika secara menyenangkan. Feedback siswa  mengindikasikan bahwa metode ini efektif tidak hanya dalam meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga dalam memperkuat pemahaman numerasi siswa secara umum. Meskipun metode ini efektif dalam menguatkan pemahaman siswa, namun upaya yang lebih luas dan berkelanjutan tetap diperlukan untuk mengatasi rendahnya tingkat  numerasi siswa di Indonesia secara keseluruhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024