Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol. 7 No. 2 (2024): Arfak Chem

Kajian Literatur Penerapan Kimia Hijau dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam Pembelajaran Kimia

Anggraeni, Egi Syahrah (Unknown)
Putri, Rizka Amalia (Unknown)
Tristania, Auriel Wafiq (Unknown)
Maharani, Tiara (Unknown)
Wirhanuddin, Wirhanuddin (Unknown)
Rahmadani, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Penerapan konsep kimia hijau dan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dalam pembelajaran kimia menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan global saat ini, seperti pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi prinsip-prinsip kimia hijau yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan, sehingga meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak kimia terhadap keberlanjutan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah narrative literature review yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur terkait penerapan kimia hijau dan SDGs dalam pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pembelajaran kimia tidak hanya mendorong praktik pendidikan yang inovatif dan interdisipliner, tetapi juga memungkinkan pendidik dan peserta didik untuk berkontribusi secara aktif dalam menciptakan solusi berkelanjutan. Dengan demikian, pengembangan kurikulum yang relevan sangat diperlukan untuk memastikan generasi mendatang lebih sadar akan isu-isu keberlanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...