JCES (Journal of Character Education Society)
Vol 7, No 4 (2024): Oktober

PEMBINAAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM PROGRAM RUMAH BELAJAR DENGAN MODEL PENDEKATAN TARL DI DESA MUJUR KECAMATAN PRAYA TIMUR

Sirajuddin, Sirajuddin (Unknown)
Anwar, Yunita Septriana (Unknown)
Apriliani, Nova (Unknown)
Muzili, Sukron (Unknown)
Laranisa, Sri (Unknown)
Kurniati, Kurniati (Unknown)
Andriani, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pendampingan literasi dan numerasi di Rumah Belajar dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengabdian melalui pendekatan pendidikan, di mana pembinaan literasi dan numerasi diterapkan pada 7 siswa dari kelas 3 hingga 6. Hasil analisis data prates dan postes menunjukkan bahwa intervensi dengan pendekatan TaRL berhasil meningkatkan kemampuan akademik siswa secara signifikan. Dalam numerasi, rata-rata nilai siswa naik dari 38,57 pada prates menjadi 79,57 pada postes, dengan peningkatan yang signifikan pada nilai minimum dan maksimum. Meskipun terdapat peningkatan kecil dalam standar deviasi, hal ini mencerminkan peningkatan kemampuan numerasi sebagian besar siswa, meskipun masih ada variasi di antara mereka. Dalam literasi, rata-rata nilai meningkat dari 37,57 pada prates menjadi 85,29 pada postes, dan standar deviasi menurun dari 11,886 menjadi 9,069, yang menunjukkan peningkatan kesetaraan hasil belajar di antara siswa. Secara keseluruhan, program pendampingan ini terbukti efektif dalam mengurangi kesenjangan akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Mujur dengan pendekatan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.Abstract: This study aims to evaluate the effectiveness of the literacy and numeracy mentoring program at Rumah Belajar using the Teaching at the Right Level (TaRL) approach in Desa Mujur, Praya Timur District. The research was conducted using a service-based educational approach, with literacy and numeracy development applied to 7 students from grades 3 to 6. Analysis of pre-test and post-test data reveals that the TaRL approach significantly improved students' academic abilities. In numeracy, the average score increased from 38.57 in the pre-test to 79.57 in the post-test, with notable improvements in both minimum and maximum scores. Although there was a slight increase in standard deviation, this indicates an overall enhancement in numeracy skills among most students, despite some remaining variation. In literacy, the average score rose from 37.57 in the pre-test to 85.29 in the post-test, with a decrease in standard deviation from 11.886 to 9.069, reflecting improved equity in learning outcomes among students. Overall, the mentoring program proved effective in reducing academic gaps and enhancing educational quality in Desa Mujur by tailoring the approach to students' skill levels.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Character Education Society (JCES) | ISSN 2614-3666, is one of the devotion journals managed by the Faculty of Teacher Training and Education of Muhammadiyah University of Mataram and published every January and July. The publication of JCES aims to disseminate conceptual thinking and ...