Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 5 (2024): Vol. 5 No. 5 Tahun 2024

OPTIMALISASI PERAN INSTRUKTUR DOSEN PRAKTISI DAN AKADEMISI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELATIHAN DI SUNAKIS INSTITUTE DAN PUSTAMA INDONESIA

Kudsi Holil (STAI Nida El-Adabi Parungpanjang)
Haris Karyadi (STIE GICI)
Endi Rustendi (Universitas Islam 45 Bekasi)
Muhammad Nur Abdillah (Universitas Garut)
Sunarni Sunarni (STIE Dharma Negara)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Optimalisasi peran instruktur, baik dosen praktisi maupun akademisi, sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelatihan di Sunakis Institute dan Pustama Indonesia. Bekasi, sebagai pusat industri strategis, menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterampilan praktis masyarakat melalui pendidikan nonformal. Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kedua instruktur dalam program pelatihan serta strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Metode yang digunakan mencakup survei, wawancara mendalam, dan evaluasi berkala, dengan pelatihan yang disampaikan melalui ceramah, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Hasil menunjukkan bahwa 85% peserta puas dengan materi yang disampaikan, dan 75% melaporkan peningkatan keterampilan yang signifikan. Rekomendasi mencakup pengembangan kurikulum responsif dan evaluasi berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas program pelatihan di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...