AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 10 Halmahera Selatan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 18 siswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menggunakan soal essay sebanyak 12 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS 21. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh menggunakan uji paired sample T test dengan hasil Thitung Ttabel (8,915 1,734) maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai gain 0,31 dalam kategori sedang. AbstractThis study was conducted to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on student learning outcomes on basic chemical law material at SMA Negeri 10 South Halmahera. This type of research is experimental research with a one group pretest posttest design. The population in this study were all class X students, the sample in this study consisted of 18 students with the sampling technique using purposive sampling technique. The instrument used in this study was a test using essay questions as many as 12 questions. The results of hypothesis testing in this study were obtained using the paired sample T test with the results of Tcount Ttable (8.915 1.734) then Ha was accepted and Ho was rejected so that the problem-based learning model had an effect on student learning outcomes with a gain value of 0.31 in the medium category.Â
Copyrights © 2024