Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS ETNOPEDAGOGI : MENGGALI NILAI-NILAI BUDAYA UNTUK PEMBELAJARAN HOLISTIK

Marisa Noviyanti Fajrah Ilsya (Unknown)
Yudhi Esa Saputra (Unknown)
Dian Imam Saefulah (Unknown)
Cece Rakhmat (Unknown)
Carsiwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Pendidikan jasmani berbasis etnopedagogi adalah pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran fisik, dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih holistik. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan etnopedagogi dalam pendidikan jasmani, dengan fokus pada pengembangan keterampilan fisik dan pemahaman budaya lokal di kalangan siswa. Melalui pendekatan kualitatif yang melibatkan wawancara dengan guru, observasi kelas, dan analisis dokumen, penelitian ini mengidentifikasi manfaat dan tantangan yang terkait dengan penerapan etnopedagogi dalam pendidikan jasmani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai budaya lokal, seperti permainan tradisional dan olahraga berbasis budaya, meningkatkan motivasi siswa serta memperkuat hubungan mereka dengan identitas budaya mereka. Namun, tantangan dalam hal pelatihan guru dan keterbatasan sumber daya masih perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi etnopedagogi dalam pendidikan jasmani. Kesimpulannya, penerapan etnopedagogi dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembelajaran yang lebih holistik, yang tidak hanya mengembangkan keterampilan fisik tetapi juga karakter dan pemahaman budaya siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...