Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi filsafat islam pada pembelajaran IPS materi menghargai keanekaragaman alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan ayat Al-Qur’an dan Hadist dalam menjelaskan konsep-konsep konservasi alam dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Adapun Proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, guru menyampaikan materi tentang nilai-nilai islam yang relevan dengan konservasi alam seperti amanah (tanggung jawab), mizan (keseimbangan), dan adl (keadilan) dan menggunakan ayat Al-Qur’an dan Hadist dalam menjelaskan konsep-konsepnya. Kedua, Dalam penerapannya siswa di bentuk kelompok untuk bekerja sama dengan kelompoknya lalu mengilustrasikan keanekaragaman alam di lingkungan mereka, yang di sertai dengan ayat Al-Qur’an dan hadist yang relevan. Hasil dari itu, siswa menunjukkan hubungan antara keanekaragaman alam dan nilai-nilai islam untuk di presentasikan. Dari itu, siswa di didik untuk jujur, kreatif, kritis, rasa ingin tahu peduli dengan lingkungan.
Copyrights © 2024