Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 2, No 2 (2024): Desember 2024

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran PPKn di SMP IT Mar’uf Bana Kota Serang

Sulaeman, Sulaeman (Unknown)
Legiani, Wika Hardika (Unknown)
Ilmiah, Wardatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PPKn di SMPIT Ma'ruf Bana Kota Serang. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi strategi pembelajaran berdiferensiasi, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, serta mengevaluasi dampaknya terhadap proses dan hasil belajar siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan guru melakukan pemetaan kebutuhan belajar siswa, menerapkan diferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk pembelajaran, serta melakukan evaluasi komprehensif. Kendala utama meliputi efisiensi waktu dan variasi motivasi belajar siswa. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan potensi peningkatan kualitas pembelajaran dengan mengakomodasi keberagaman kebutuhan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...