Keahlian dalam berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman abad 21 yang memiliki banyak inovasi dan informasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis (post-test). Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 74,47, sedangkan pada kelas kontrol adalah 65,60. Uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan uji effect-size menunjukkan nilai sebesar 1,00. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol, uji independent sample t-test dan uji effect-size, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung.
Copyrights © 2024