Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Alifa, Siti (Unknown)
Subarinah, Sri (Unknown)
Kurniawan, Eka (Unknown)
Soeprianto, Harry (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Keahlian dalam berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman abad 21 yang memiliki banyak inovasi dan informasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis (post-test). Hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 74,47, sedangkan pada kelas kontrol adalah 65,60. Uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 dan uji effect-size menunjukkan nilai sebesar 1,00. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol, uji independent sample t-test dan uji effect-size, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Gerung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...