PAKDEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): Desember

PELATIHAN DOLANAN TANPA GADGET UNTUK GURU PAUD DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI PADA GENERASI ALPHA

Halim, Fauziatul (Unknown)
Munar, Asyiful (Unknown)
Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian ini berjudul Pelatihan Dolanan Tanpa Gadget Untuk Guru PAUD Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Generasi Alpha. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru PAUD untuk membuat permainan (dolanan) edukatif tanpa gadget agar dapat meningkatkan literasi dan numerasi anak-anak. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di sekolah TK Nusa Indah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dan peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru yang ada di TK Nusa Indah. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam dua sesi; sesi pertama peserta diberikan pengetahuan materi tentang jenis-jenis dolanan tanpa gadget yang dapat dikembangkan oleh guru yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pada sesi kedua, peserta dilatih praktik langsung untuk membuat dolanan bersama-sama anak-anak. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru mendapatkan pengetahuan dan dapat mengembangkan dolanan tanpa gadget sebagai media belajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi anak-anak dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berjalan dengan sukses dan memberikan kontribusi yang sangat besar kepada guru-guru di sekolah TK Nusa Indah dalam mengembangkan permainan edukatif guna menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik ke depannya.

Copyrights © 2024