Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 9 No 4 (2024): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pelatihan Strategi Coping Stress (Problem and Emotion Focused) untuk Guru PAUD dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler

Nur, Maulida (Unknown)
Kurnaedi , Nedi (Unknown)
Surya, Havid (Unknown)
Mutiarahmah , Lintang (Unknown)
Khairunnisa, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Anak dengan kebutuhan khusus berbeda dari anak biasa. Setiap orang tidak ingin dilahirkan dengan kelainan. Orang tua juga tidak ada yang ingin anak mereka dilahirkan dengan kelainan. Sekolah Khusus (SKH) atau Sekolah Luar Biasa (SLB) biasanya adalah sekolah yang mampu memfasilitasi anak berkebutuhan khusus, namun telah berubah dan anak-anak berkebutuhan khusus sekarang dapat bersekolah di Sekolah Regular. Pemerintah juga sudah menetapkannya melalui undang-undang bahwa sekolah umum harus memberikan pendidikan inklusif. Ketidaksiapan guru dalam melayani anak berkebutuhan khusus di kelas rentan mengalami stres dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan sarana prasarana yang tidak memadai. Stres pada guru dapat mengakibatkan hal yang fatal. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan Coping Stress (Problem And Emotion Focused) Untuk Guru PAUD Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Reguler dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada guru PAUD yang menangani anak berkebutuhan khusus atau yang kemungkinan besar akan menerima anak berkebutuhan khusus di sekolah PAUD regular untuk mengelola stres denga cara yang bijak sehingga tidak melampiaskan rasa tertekan dengan cara-cara yang negatif. Metode yang digunakan yaitu dengan Pelatihan kepada guru PAUD yang menangani anak berkebutuhan khusus di sekolah regular. Penelitian ini menunjukan adanya penambahan pemahaman guru tentan coping stres dan penanganan anak ABK. Children with special needs are different from typically developing children. No one wishes to be born with a disability, and parents also do not want their children to have disabilities. Special Schools are typically institutions that cater to children with special needs, however times have changed and children with special needs can now attend regular schools. The government has also mandated this through legislation, which requires public schools to provide inclusive education. One challenge is that many teachers are unprepared to serve children with special needs, which can lead to stress due to limited knowledge and insufficient infrastructure. Teacher stress can have serious consequences. Therefore, there is a need for training in stress coping strategies (both problem-focused and emotion-focused) for Early Childhood Education (ECCE) teachers, particularly those caring for children with special needs in regular schools. The goal of this training is to equip ECCE teachers with the knowledge and skills needed to manage stress effectively and avoid expressing it in harmful ways. The method used in this study involves training ECCE teachers who work with children with special needs in regular schools. The results of the research show that there is an improvement in teachers' understanding of how to cope with stress and support children with special needs.

Copyrights © 2024