Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan fisik, psikomotorik, emosi, sosial, kognitif, moral, dan spiritual anak usia sekolah dasar kelas 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa anak sekolah dasar kelas 1 dengan usia 6-7 tahun sudah mulai menunjukkan perkembangan yang cukup baik dan optimal. Tahap ini menandai peralihan dari masa prasekolah menuju pendidikan formal. Perkembangan anak usia sekolah dasar memengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk aspek fisik, psikomotorik, kognitif, sosial, emosional dan spiritual. Penelitian mengenai perkembangan anak usia sekolah dasar menjadi semakin penting karena dengan pengajaran, bimbingan dan dukungan yang baik dari guru dan orang tua menjadi faktor penting dalam mendukung semua aspek perkembangan pada anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024