Anak usia dini (early childhood) dalam UU No. 20 Tahun 2003 dinyatakan sebagai anak yang berada pada rentang usia 0 s/d 6 tahun. Kontribusi orang tua dengan sekolah perlu sangat penting agar terjalin sinergi antara orangtua dan sekolah. Sekolah tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan partisipasi orang tua dalam hal masukan untuk penyusunan dan pelaksanaan program serta meneruskan pendidikan yang sudah didapatkan anak di sekolah supaya diperkuat saat dirumah.Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi orang tua dan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di PAUD IT Nurul Ulum. Metode yang di gunaan yaitu metode kualitatif dengan studi lapangan (field Research). Adapun penelitian dilakukan di PAUD IT Nurul Ulum pada kelompok A dan B. Maka, penulis dapat menarik benang merahnya bahwa pelaksanaan pembelajaran yang berkontribusi dengan orang tua dan masyarakat sangat penting untuk perkembangan anak, mengetahui program-program pembelajaran di PAUD, saling bertukar informasi dan meningkatkan jiwa simpati dan empati antara sekolah, orang tua, serta masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian secara menyeluruh dapat di simpulkan bahwa kontribusi orangtua dan masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di PAUD IT Nurul Ulum adalah bahwa partisipasi mereka sangat penting dalam mendukung perkembangan anak-anak.
Copyrights © 2024