Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling
Vol. 2 No. 3 (2024): Oktober - Desember

Nilai Toleransi Beragama di SD Yayasan Hippindo

Diki Saputra, Muhammad (Unknown)
Ahmad Suriansyah (Unknown)
Arta Mulya Budi Harsono (Unknown)
Bagus Aulia Iskandar (Unknown)
Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keberagaman agama di SD Yayasan Hippindo yang menerapkan nilai-nilai toleransi. SD Yayasan Hippindo menjadi contoh penerapan nilai Bhineka Tunggal Ika dengan menyediakan lima tempat ibadah yang sesuai dengan keyakinan agama Siswa. Fasilitas ini tidak hanya mendukung kebutuhan spiritual, tetapi juga mengajarkan siswa untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan agama. Hal ini sesuai dengan nilai Pancasila terutama sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa.” Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami penerapan nilai-nilai toleransi dan Bhineka Tunggal Ika di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyediaan fasilitas lima tempat ibadah, kelas agama, dan pesantren Ramadan lima agama di SD Yayasan Hippindo berperan penting dalam membentuk karakter siswa untuk saling menghargai perbedaan dan memupuk semangat persatuan dalam keberagaman. Program ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk menciptakan karakter dan menghargai perbedaan serta menjunjung persatuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdsk

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

urnal Pendidikan Sosial dan Konseling (JPDSK) merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun, ...