Educandumedia: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol. 3 No. 2 (2024): Agustus 2024

INTEGRASI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) PADA PEMBELAJARAN BAHASA

Pasaribu, Gumarpi Rahis (Unknown)
Rani Arfianty (Unknown)
Dara Mubshirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji integrasi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran bahasa, dengan fokus pada bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa secara personal, interaktif, dan adaptif. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan untuk memahami dampak AI terhadap keterampilan bahasa, termasuk berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari institusi pendidikan yang menggunakan AI dalam pengajaran bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI, melalui aplikasi seperti ChatGPT, Duolingo, Elsa Speak, dan platform adaptif seperti Rosetta Stone, mampu memberikan umpan balik cepat, personalisasi materi pembelajaran, dan simulasi percakapan yang realistis. Teknologi ini juga mendukung pengajaran guru dengan menyediakan alat bantu untuk merancang materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan akses teknologi, penelitian ini menegaskan bahwa AI memiliki potensi besar dalam menciptakan pembelajaran bahasa yang lebih efektif, menarik, dan efisien, sekaligus menjawab kebutuhan pendidikan modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educandumedia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Educandumedia merupakan wadah yang dibentuk untuk memberikan fasilitas kepada para akademisi menerbitkan tulisannya. Spesifikasi kajian yang akan diterbitkan pada jurnal educandumedia adalah pembahasan tentang pendidikan dan kependidikan. Jurnal Educanmedia diterbitkan oleh Yayasan Insan ...