Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Bentuk dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar

Bunga Pariama (Unknown)
Diwani Elfarisyah (Unknown)
Khairunnisa Harahap (Unknown)
Muhammad Ikhsan Prabudi (Unknown)
Muhammad Alif Fiqri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas berbagai bentuk dan teknik evaluasi hasil belajar yang digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi hasil belajar memiliki peran penting dalam mengidentifikasi sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang ditargetkan dalam pembelajaran. Berbagai bentuk evaluasi, seperti tes tulis (pilihan ganda, esai), tes lisan, observasi, portofolio, proyek, dan presentasi, digunakan untuk menilai aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa. Di samping itu, teknik evaluasi dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu kuantitatif dan kualitatif, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Inovasi dalam evaluasi, seperti penggunaan teknologi melalui tes daring dan e-portofolio, turut mempengaruhi efisiensi dan efektivitas penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang keberagaman bentuk dan teknik evaluasi serta pentingnya pemilihan yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...