Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Kesadaran Sosial Melalui Pembelajaran IPS Sekolah Dasar

Sofyan, Shifa (Unknown)
Kurniawan, M. Billy (Unknown)
Octarina, Hani (Unknown)
Azzahra Sahusilawane, Nazwa (Unknown)
Safira, Ayu (Unknown)
Sulastri, Tyara (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Kesadaran sosial merupakan elemen penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk membentuk individu yang peduli dan bertanggung jawab terhadap masyarakat. Artikel ini membahas peran pendidikan, khususnya melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dalam membangun kesadaran sosial di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang relevan mengenai kesadaran sosial dalam konteks pendidikan, Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari literatur yang berkaitan dengan topik penelitian, kemudian menganalisis dan merangkum informasi yang diperoleh untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran IPS dalam membangun kesadaran sosial. Pada akhirnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran IPS tidak hanya berfungsi sebagai transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai alat untuk membangun kesadaran sosial yang kuat, mempersiapkan generasi muda menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan aktif dalam menghadapi isu-isu sosial yang kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...