Penerapan model pembelajaran guided inquiry sangat diperlukan untuk menjadikan peserta didik berperan lebih aktif, selalu sebagai fokus utama, menjaga kenyamanannya agar tidak jenuh, dan mampu mengasah daya pikir otak mereka. Penelitian ini bermaksud menentukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan ajar menggunakan guided inquiry media PhET Interactive Simulation terhadap keterampilan generik sains. Menerapkan metode pre-experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest, dilaksanakan dalam ruang belajar sampel XI MIPA 4 di SMAN 3 Palangka Raya berdasarkan teknik nonprobability sampling proses sampling purposive. Instrumen yang dipilih terdapat lembar observasi aktivitas pembelajaran peserta didik dan tes keterampilan generik sains sebanyak 9 soal uraian. Berdasarkan hasil uji paired sample T-test di SPSS versi 23 menghasilkan capaianĀ  sig. 0.000 < 0.050 dan t hitung 14.835 > t tabel = 1.688, dengan pengaruh yang diberikan sebesarĀ  65% di kategori sedang dalam hasil uji N-Gain Score. Oleh karena itu ditarik kesimpulan yang menyatakan, model pembelajaran guided inquiry PhET Interactive Simulation memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan generik sains.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024