Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 8 No. 2 (2024): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PhET INTERACTIVE SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS

Adawiyah, Rizky Noor (Unknown)
Nasir, Muhammad (Unknown)
Azizah, Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Penerapan model pembelajaran guided inquiry sangat diperlukan untuk menjadikan peserta didik berperan lebih aktif, selalu sebagai fokus utama, menjaga kenyamanannya agar tidak jenuh, dan mampu mengasah daya pikir otak mereka. Penelitian ini bermaksud menentukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan ajar menggunakan guided inquiry media PhET Interactive Simulation terhadap keterampilan generik sains. Menerapkan metode pre-experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest, dilaksanakan dalam ruang belajar sampel XI MIPA 4 di SMAN 3 Palangka Raya berdasarkan teknik nonprobability sampling proses sampling purposive. Instrumen yang dipilih terdapat lembar observasi aktivitas pembelajaran peserta didik dan tes keterampilan generik sains sebanyak 9 soal uraian. Berdasarkan hasil uji paired sample T-test di SPSS versi 23 menghasilkan capaianĀ  sig. 0.000 < 0.050 dan t hitung 14.835 > t tabel = 1.688, dengan pengaruh yang diberikan sebesarĀ  65% di kategori sedang dalam hasil uji N-Gain Score. Oleh karena itu ditarik kesimpulan yang menyatakan, model pembelajaran guided inquiry PhET Interactive Simulation memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keterampilan generik sains.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...