GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 2 (2024): Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Kepribadian pada Anak Usia Dini di Tadika Al-Fikh Orchard, Nafitri, Kilang, Malaysia

Sundari, Krenniti (Unknown)
Zuliana, Zuliana (Unknown)
Qorib, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Kajian ini untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini di Tadika Al-Fikh Orchard Malaysia. Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknis observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pendekatan library research yang merupakan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan kepustakaan berupa buku, catatan dan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini dibutuhkan dikarenakan anak usia dini merupakan usia yang belum matang dan labil, maka dibutuhkan peran guru agar menghindari kepribadian menyimpang. Peran guru dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada usia dini yaitu memberikan contoh baik sebagai role model, praktik kepribadian baik, teguran yang membangun kesadaran tentang pentingnya kepribadian yang dapat membangun dan mengembangkan kualitas individu pada anak usia dini serta memiliki manfaat untuk kehidupan menjadi insan kamil. Penguatan dalam mengembangkan kompetensi kepribadian pada anak usia dini meliputi tiga aspek yaitu, berakhlak mulia, qudwatun hasanah, lingkungan edukasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

golden_age

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is managed by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program which focuses on research results related to early childhood education. This journal is published 2 (two) times a year, in June and ...