Journal of Educational Review and Research
Vol 7, No 1 (2024): VOLUME 7 NUMBER 1 JULY 2024

Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

Maulana, Maulana (Unknown)
Rosmaiyadi, Rosmaiyadi (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan literasi sains siswa di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain true-eksperimental dengan rancangan post-test only control group. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas V SD 84 Singkawang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model discovery learning, sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen rata-rata 65 dan kelompok kontrol dengan rata-rata sebersar 57. Hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...