Journal of Management Specialists
Vol. 2 No. 3 (2024): Journal of Management Specialists

Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Shopeepay

Arinda Shafa Nabila (Unknown)
Efni Siregar (Unknown)
Desri Wiana (Unknown)
Safaruddin (Unknown)
Vivianti Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah melahirkan dompet digital seperti ShopeePay yang praktis untuk melakukan pembayaran online tanpa perlu detail kartu kredit. Pengguna ShopeePay di Indonesia juga mendapatkan keuntungan dari penawaran khusus, menjadikannya sebagai gaya hidup baru dengan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pada pengguna ShopeePay. Sampel yang digunakan adalah 100 sampel yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f serta analisis koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan berdistribusi normal. Berdasarkan uji parsial (t) kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap loyalitas. Berdasarkan uji simultan (f) dan dilihat bahwa kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap loyalitas. Sehingga hasil penelitian ini dengan menggunakan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas dilihat dari hasil analisis regresi linier berganda, yaitu Y = 3,743 + 0,537 X_1 + 0,525 X_2+ e

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Journal of Management Specialists is an academic journal that focuses on various aspects of management in the context of business and organisations. It focuses on the latest and innovative research from experts and practitioners in the field of management to enhance our understanding of the ...