Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran SSI terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dirancang dengan desain penelitian quasi eksperimen yang berbentuk Nonequivalen Control Group Desain. Cara menerapkan sampel dengan teknik Purposive Sampling dimana didapatkan total 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas X1 dan X2 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 41,04 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,46, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 48,33 dan nilai rata-rata posttest adalah 59,17. Berdasarkan data uji statistik dengan menggunakan uji independent sample test pada SPSS Versi 23 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,003 signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana H0 adalah tidak terdapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa dan Ha adalah tedapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024