Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Nuraini, Nuraini (Unknown)
Idris, Syafrizal (Unknown)
Setiawan, Tulus (Unknown)
Muliani, Muliani (Unknown)
Ayunda, Desy Sary (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran SSI terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan dirancang dengan desain penelitian quasi eksperimen yang berbentuk Nonequivalen Control Group Desain. Cara menerapkan sampel dengan teknik Purposive Sampling dimana didapatkan total 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas X1 dan X2 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 41,04 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,46, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 48,33 dan nilai rata-rata posttest adalah 59,17. Berdasarkan data uji statistik dengan menggunakan uji independent sample test pada SPSS Versi 23 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,003 signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana H0 adalah tidak terdapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa dan Ha adalah tedapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...