Jambura Journal of Community Empowerment
Volume 5 No. 2: Desember 2024

Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Diferensiasi

Saisatul Khumairoh, Adesilvi (Unknown)
Dini Rahmawati, Noviana (Unknown)
Paramita Puspitasari, Asri (Unknown)
Esti Utami, Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Peserta didik memiliki cara dalam mendapatkan dan memproses informasi yang berbeda-beda. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memetakan kebutuhan peserta didik berdasarkan gaya belajar yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian pada kelas 2 SDN Pedurungan Tengah 01 dengan jumlah 27 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, gaya belajar yang dimiliki oleh peserta didik kelas 2 sangat beragam. Sebanyak 44% peserta didik mempunyai gaya belajar visual, sebanyak 41% mempunyai gaya belajar auditori, dan 15% mempunyai gaya belajar kinestetik. Adanya perbedaan preferensi belajar yang dimiliki peserta didik harus menjadi perhatian oleh guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengakomodir gaya belajar adalah pembelajaran diferensiasi. Dengan mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif serta memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjce

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The ...